Selamat datang di blog Perpus SMP Muh. 1 Gombong. Kami akan memberikan yang terbaik terutama dalam penyajian informasi yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan maupun artikel yang terkait. Saran dan masukan tetap kami nantikan untuk kemajuan dan kenyamanan bersama.

Profil

Latar Belakang

Perpustakaan sekolah merupakan salah satu sumber belajar yang sangat penting dan perlu diadakan oleh setiap satuan pendidikan, jalurpendidikan sekolah baik yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun masyarakat. Demikian yang tercantum dalam pasal 34 UU No.2 Tahun 1998 tentang Sistem Pendidikan Nasional.Sebagai sumber belajar keberadaan perpustakaan sekolah sangat dibutuhkan para tenagakependidikan dan peserta didik untuk memperluas dan memperdalam pengetahuannya. Tujuan keberadaan perpustakaan sekolah yang utama adalah untuk menunjang proses belajar mengajar di sekolah. Disamping itu juga untuk menumbuhkembangkan minat, kemampuan, dan kebiasaan membaca, memanfaatkan bacaan sebagai sumber informasi, memupuk daya kritik serta menyumbangkan kegemaran pribadi melalui bacaan. Menyadari akan pentingnya perpustakaan sekolah, maka perlu adanya perhatian khusus dari para penyusun/ pengambil kebijaksanaan, baik kepala sekolah maupun kepala instansi/ dinas pendidikan untuk dapat mengembangkan perpustakaan sekolah. Oleh karena itu, segenap keluarga besar SMP Muhammadiyah 1 Gombong lewat para pengelola perpustakaan sekolah berusaha untuk mengelola selanjutnya mengembangkan perpustakaan SMP Muhammadiyah 1 Gombong secara maksimal sesuai dengan visi dan misinya. Sejauh mana pengelolaan perpustakaan SMP Muhammadiyah 1 Gombong, untuk itu Laporan Profile Perpustakaan ini dibuat secara sederhana, singkat dan objektif.

Sejarah

Perpustakaan SMP Muhammadiyah 1 Gombong berdiri pada tanggal 1 Agustus 1979. Perkembangan perpustakaan dari tahun ke tahun mengalami kemajuan dari segi fasilitas, koleksi pustaka, ruangan, dan bertambahya pengunjung.

Data Umum Perpustakaan

1. Nama Sekolah : SMP Muhammadiyah 1 Gombong
2. Alamat : Jl. Anggrek No. 28
  • Kabupaten : Kebumen
  • Propinsi : Jawa Tengah
  • Kode Pos : 54411
  • Telepon : (0287) 471 391
  • Fax : -
  • E-mail : gopustaka@gmail.com
3. Nama Kepala Sekolah : M. Zaini, S.H.I, M.S.I
4. Koordinator Perpustakaan : Ning Widyastuti, S.Pd
5. Jumlah Tenaga Perpustakaan : 3 orang
6. Jumlah Guru : 27 orang
7. Jumlah Staf TU : 10 orang
8. Jumlah Tenaga Koperasi : 1 orang
9. Jumlah Siswa : 394 orang

Data Khusus Perpustakaan


1. Gedung/Ruangan
  • Luas Tanah : 50 m2
  • Luas Gedung : 48 m2
  • Area Layanan Sirkulasi : 3 m2
  • Area R. Baca : 17 m2
  • Area R. Koleksi : 20 m2
  • Area R. Kerja Perpus : 4 m2
  • Luas Teras : 4 m2
  • Jumlah Lantai : 1
  • Denah perpustakaan terlampir
2. Tenaga Pengelola Perpustakaan
  • Kepala Perpustakaan : Agus Kuswanto, S
  • Bagian Layanan :
  • Layanan sirkulasi : 
    • Ning Widyastut
    • Ruwiasih
3. Sarana Prasarana
  • Rak buku : 6 buah
  • Rak majalah : 1 buah
  • Rak surat kabar : 1 buah
  • Kotak Katalog : 1 buah
  • Almari display : 1 buah
  • Rak penitipan tas : 1 buah
  • Meja baca : 6 buah
  • Kursi baca :18
  • Kursi Kerja : 2 buah
  • Almari buku : 4 buah
  • Meja sirkulasi : 1 buah
  • Meja Kerja Petugas : 2 buah
  • Komputer : 1bua
  • Mesin ketik : 1 buah
  • Papan pengumuman : 1 buah
4. Administrasi Perpustakaan
    Buku administrasi yang ada di perpustakaan SMP Muh. 1 Gombong adalah sebagai berikut:
  • Buku Inventaris/Induk
    • Buku induk Paket
    • Buku induk Pegangan Guru
    • Buku Induk Referensi
    • Buku Induk Fiksi
    • Buku induk Majalah
  • Buku Rekap Pengunjung
  • Buku Rekap Peminjam
  • Buku Tamu
  • Buku Bantuan
  • Buku Inventaris Barang
  • Buku Pinjaman
  • Buku Sirkulasi
  • Buku Kunjungan Guru/Karyawan
  • Program Kerja Perpustakaan.
  • Kartu Anggota
  • Kartu Peminjam
  • Label Buku
  • Kartu Katalog
  • Kantong Buku
  • Kartu Buku
  • Slip tanggal kembali
  • Cap Inventaris dan Cap Kepemilikan
  • Cap Tanggal
  • Denah Ruang Pepustakaan.
5. Koleksi Perpustakaan
  • Koleksi Tercetak
  • Buku : 1.506 judul 7.657 ekslempar
    • Non Fiksi : 1.107 judul 6.679 ekslempar
      • 000 : 3 judul 11 ekslempar
      • 100 : 
      • 200 : 29 judul 188 ekslempar
      • 300 : 36 judul 1.325 ekslempar
      • 400 : 37 judul 2.243 ekslempar
      • 500 : 42 judul 2.823 ekslempar
      • 600 : 4 judul 4 ekslempar
      • 700 : 3 judul 3 ekslempar
      • 800 : 4 judul 38 ekslempar
      • 900 : 4 judul 212 ekslempar
    • Referensi : 43 judul 212 ekslempar
    • Fiksi : 94 judul 188 ekslempar
    • Majalah : 2 judul samsy dan suara muhammadiyah
    • Surat kabar : 1 judul Suara Merdeka
    • Peta : 4 judul
    • Bola Dunia/Globe : 1 buah
  • Koleksi Khusus
    • Kliping : 4 judul 214 eksemplar
    • Laporan/Karya Tulis : 2 judul 40 eksemplar
6. Layanan Perpustakaan
  • Hari buka perpustakaan : Senin s/d Sabtu ( 6 hari )
  • Jam buka perpustakaan : 06.30 s/d 14.00
  • Program Kunjungan Perps : ada
  • Sistem layanan sirkulasi : Terbuka
  • Tata Tertib Pengunjung
    • Pengunjung masuk ruangan mengisi buku pengunjung
    • Mengambil koleksi dan membacanya di ruang baca.
    • Buku yang sudah selesai dibaca tetapi tidak dipinjam diletakkan pada meja tempat buku yang habis dibaca.
    • Pengunjung harus mentaati tatatertib pengunjung
  • Tata Cara Peminjaman dibawa pulang
    • Peminjam memilih buku yang di pinjam, kemudian beserta kartu anggota diserahkan kepada petugas.
    • Kartu peminjam dan kartu anggota  diisi oleh petugas perpus.
    • Kartu peminjam ditinggal di perpus dan kartu anggota dibawa siswa.
    • Buku dan kartu anggota diserahkan kepada peminjam
  • Tata cara Pengembalian
    • Peminjaman menyerahkan buku peminjaman beserta kartu anggota kepada petugas.
    • Petugas memberi paraf pada kartu anggota dan kartu peminjam
    • Buku dicek atau dicocokkan pada data buku sirkulasi perpustakaan.
    • Kartu anggota di berikan kepada peminjam.
  • Cara Peminjaman di kelas
    • Siswa Mengisi Buku Pinjaman, Judul Buku dan Jumlah yang Dipinjam.
    • Siswa melaporkannya ke petugas perpustakaan pada saat mengembalikan.
    • Petugas mengecek buku dan memberi paraf pada buku peminjam.
7. Statistika Perpustakaan
  • Jumlah Pengunjung / bulan : 487 orang
    • Siswa : 476 orang
    • Guru/karyawan : 11 orang
  • Jumlah buku yang dipinjam / Bulan
    • Fiksi : 56 eksemplar
    • Non Fiksi : 1.853 eksemplar
      • 000 : 0 eksemplar
      • 100 : 233 eksemplar
      • 200 : 0 eksemplar
      • 300 : 549 eksemplar
      • 400 : 477 eksemplar
      • 500 : 644 eksemplar
      • 600 : 434 eksemplar
      • 700 : 75 eksemplar
      • 800 : 25 eksemplar
      • 900 : 60 eksemplar
      • Data statistik perpustakaan terlampir
  • Jumlah Anggota Perpustakaan
    • Semua siswa, guru dan karyawan SMP Muh. 1 Gombong secara otomatis menjadi anggota perpustakaan. Adapun jumlahnya sbb:
      • Siswa : 394 orang
      • Guru : 27 orang
      • Karyawan TU : 10 orang
8. Promosi Perpustakaan
    Jenis promosi yang dilaksanakan Perpustakaan SMP Muhammadiyah 1 Gombong yaitu :
  • Pemasangan buku baru pada almari display dan daftar buku baru.
  • Pemberitahuan melalui pengumuman yang dipajang di papan pengumuman.
9. Pengolahan Bahan Pustaka
  • Penggunaan alat seleksi bahan pustaka: Katalog Penerbit / daftar harga buku.
  • Mekanisme Pengolahan
    • Buku
      • Pencatatan di buku induk, Pemberian cap buku, Pengklasifikasian, Pengkatalogan, Pemasukan data buku ke komputer, Pemberian kelengkapan buku.
    • Majalah / Surat kabar
      • Pencatatan di kartu inventaris majalah/koran ,penempatan dalam rak majalah/surat kabar,dan penjilidan majalah
  • Klasifikasi : DDC (Klasifikasi Persepuluhan Dewey)
  • Penentuan Deskripsi Katalogisasi : Peraturan Katalogisasi Indonesia
  • Penentuan Tajuk Subyek : Daftar Tajuk Subyek
  • Kelengkapan Buku : Kartu buku,Kantong kartu buku,
  • Slip tanggal kembali, label buku, sampul plastik
10. Sumberdaya Elektronik Perpustakaan
  • Komputer : 1 unit
  • Otomasi Perpustakaan : Pengolahan, Peminjaman , Pengembalian, Data Statistik Perpus, Penelusuran koleksi.
  • Perangkat Multimedia : Komputer
11. Anggaran Perpustakaan
  • Sumber Anggaran : BOS dan sekolah
  • Jumlah Anggaran : Rp. 13.680.000
  • Alokasi Penggunaan Anggaran :
    • Pengembangan Koleksi : Rp. 9.432.000 = 60,4 %
    • Belanja Lain-lain : Rp. 4.248.000 = 30,4 % 
12. Kerjasama Perpustakaan
  • Kerjasama Pengembangan Perpustakaan bersama dengan Kepala Sekolah dan  Guru Bidang Studi.
13. Kondisi Perpustakaan
  • Kebersihan : Ada tempat sampah, cat tembok, lantai berkarpet.
  • Penerangan : Alami dan lampu TL.
  • Sirkulasi udara : Kipas angin & ventilasi udara / jendela.
  • Ketenangan : Tenang.
  • Keamanan : Ada loker penitipan barang dan penjagaan petugas.